PRESEPSI INTI KOMUNIKASI

Analisis The Power of Positivity Brain Games dan 10 Optical Illusions That Will Blow Your Mind Berkaitan Dengan Presepsi Inti Komunikasi

1.  The Power of Positivity Brain Games
Source : https://www.youtube.com/watch?v=kO1kgl0p-Hw
Film The Power of Positivity Brain Games ini bercerita tentang seorang motivator yang berusaha untuk mempengaruhi dan menyemangati penonton/partisipan di lapangan basket sehingga melakukan suatu tindakan yakni memasukkan bola basket. Kemudian saya mengambil tayangan pada contoh kedua dimana ada seorang lelaki yang terlihat sangat handal dan mudah saja untuk memasukkan bola basket ke dalam ring dan sudah memasukkannya sebanyak 7 kali berturut-turut. Namun pada kesempatan lain, ia ditantang untuk memasukkan bola basket tersebut dengan mata yang ditutup, tapi pada percobaan pertama dan kedua ia gagal. Sehingga tutup mata itupun kemudian dilepas, dan ditantang lagi untuk memasukkan bola basket tersebut dengan melihat. Pada percobaan pertama berhasil dan terlihat bahwa ia sangat bangga akan hal tersebut, namun pada percobaa seterusnya ia gagal dan terlihat sangat kecewa. Apabila dikaitkan dengan dengan masalah persepsi, film ini berhubungan dengan bagaimana persepsi seseorang dipengaruhi oleh sosial pada persepsi selektif. Mulyana (2001: 179-251) mengemukakan adanya banyak aspek yang berhubungan dengan persepsi yaitu adanya keterkaitan antara persepsi dengan lingkungan fisik, persepsi dengan aspek sosial, dan persepsi dengan budaya. Selain itu, kita juga perlu memahami adanya kemungkikan kekeliruan, serta kegagalan kita akan persepsi itu sendiri. Kasus film di atas, memperlihatkan bahwa partisipan laki-laki itu menunjukkan suatu kesombongan diraut mukanya, karena ia merasa sangat handal dalam memasukkan bola basket ke dalam ring dengan mata terbuka. Sehingga menimbulkan suatu persepsi selektif yang mempengaruhinya dimana pada kenyataanya dia akan merasa selalu berhasil dalam memasukkan bola tersebut, padahal dari hal tersebut belum tentu akan membuatnya selalu berhasil karena ada rasa sombong itu tadi. 

2. 10 Optical Illusions That Will Blow Your Mind
 Source : https://www.youtube.com/watch?v=TUxzxcIP18Y
Film 10 Optical Illusions That Will Blow Your Mind ini menceritakan tentang ilusi mata yang membuat bingung akal pikiran. Dan saya mengambil contoh nomer 2 yakni sebuah taman yang terlihat benar-benar nyata bentuknya seperti sebuah globe atau bola.

Dan kaitannya dengan teori persepsi, saya memasukkannya ke dalam persepsi lingkungan fisik yaitu persepsi dugaan karena berdasarkan penglihatan saya dari gambar di atas semua bergantung kepada sudut pandang masing-masing individu. Jika dilihat dari atas ia memang akan menampakkan bentuk seperti bola, namun jika dilihat secara sejajar, ia hanya seperti taman biasa yang datar.

Hal ini juga dapat menimbulkan sebuah respon kekeliruan akibat dari berbedanya pengambilan gambar tersebut.

1 Response to "PRESEPSI INTI KOMUNIKASI"

  1. Daftar Sabung Ayam Online Menggunakan Bank BPD

    Dapatkan Bonus Rp 5.000 yang dapat di klaim 2x/Hari. Bonus yang diberikan sebesar akan dibagikan di depan.

    Bonus wajib klaim melalui livechat / whatsapp resmi Bolavita.

    Dapatkan juga berbagai macam promo bonus yang ada di BOLAVITA !!

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623

    ReplyDelete