CONTOH NYATA (PENGALAMAN) FUNGSI KOMUNIKASI SOSIAL

 A. FUNGSI KOMUNIKASI SOSIAL
1. Fungsi Isi dan Fungsi Hubungan
- Kondisi : Mengirim pesan kepada dosen dan teman
- Waktu : 28 September 2016
Ketika selesai mata kuliah Pancasila, saya terpikirkan untuk mengirim pesan kepada dua orang yang berbeda dalam hal hubungan. Yang pertama kepada dosen dasar-dasar manajemen dan kedua teman saya. Di sini fungsi komunikasi sosial dalam hal isi dan hubungan terlihat dimana ketika saya mengirim pesan ke dosen saya berisi hal yang sangat penting dan menggunakan Bahasa yang sopan dan formal mengetahui saya dan dosen saya memiliki hubungan vertical. Sedangkan isi pesan yang saya kirim ke teman saya berisi hal yang tidak terlalu mendesak dan menggunakan Bahasa daerah (Bahasa jawa) karena hubungan kami horizontal atau sebanding.

2. Pembentukan Konsep Diri
- Kondisi : Menilai teman satu sama lain dari berckap-cakap (ngobrol)
- Waktu : SOSPEM Fakultas
Ketika SOSPEM tepatnya ketika materi menilai teman dari perilaku dan bercakap-cakap, akhirnya saya mengerti seperti apa diri saya dimata orang lain. Disinilah fungsi komunikasi social dalam hal pembentukan konsep diri terlihat. Setelah msing-masing menilai kemudian masing-msing juga menuliskan apa yang harus diperbaiki guna membentuk konsep diri.

3. Pernyataan Ekspresi Diri
- Kondisi : Bertanya kepada dosen saat dikelas
- Waktu : Pembelajaran di dalam kelas
Ketika didalam kelas dan sedang berlangsung kegiatan pembelajaran, ketika dosen memberikan waktu kepada maha siswanya untuk bertanya, saya menunjukkan jari dan bertanya. Disinilah fungsi komunikasi social dalam hal ekspresi diri terjadi yaitu berkomunikasi (tanya-jawab) untuk memperlihatkan bahwa saya ada didalam kelas tersebut dan eksis.

4. Untuk Kelangsungan Hidup, Memupuk Hubungan dan Memperoleh Kebahagiaan
- Kondisi : Menjadi mahasiswa baru dan sama sekali belum memiliki teman
- Waktu : Technical Meeting OPAK (OSPEK)
Ketika saya kuliah, saat pertama kali masuk guna Technical Meeting OPAK (OSPEK) sama sekali belum memiliki teman baik teman dari SMA maupun teman baru. Setelah berkomunikasi dengan teman-teman yang baru, disinilah fungsi komunikasi social dalam hal untuk kelangsungan hidup, memupuk hubungan dan memperoleh kebahagiaan tercipta. Setelah beberapa kali bertemu, bercakap-cakap dan akhirnya saling mengenal dan hubungan sesame teman semakin hari semakin terpupuk. Dalam hal kelangsungan hidup pun terlihat yaitu dari saling berbagi makanan atau minuman. Dalam hal memperoleh kebahagiaan yaitu ketika berkumpul seperti bermain futsal dan hangout bersama.

B. KOMUNIKASI EKSPRESIF
- Kondisi : Adik saya kehilangan telepon genggam (HP)
- Waktu : Berwisata bersama
Ketika saya dan adik saya mengunjunga salah satu objek wisata yang ada di daerah saya, waktu itu adik saya kehilangan HP entah karena jatuh atau ketinggalan. Akhirnya adik saya merasa sedih. Disinilah fungsi komunikasi ekspresif terealisasi yaitu dengan saya menyabarkan adik saya dengan perkataan dan menepuk-nepuk pundaknya.

C. KOMUNIKASI RITUAL
- Kondisi : Mendatangi acara pernikahan guru SMP
- Waktu : 6 Februari 2016
Ketika mendatangi undangan pernikahan guru SMP saya, disinilah komunikasi ritual terjadi yaitu saya memberikan ucapan selamat dan mendo’akan yang terbaik untuk kedua mempelai diacara pernikahan tersebut. Selain itu, saya juga mengenakan pakaian yang sopan (batik waktu itu) untuk menyampaikan kesan menghormati mengingat acara tersebut merupakan acara sakral.

D. KOMUNIKASI INSTRUMENTAL
- Kondisi : Pidato calon ketua OSIS SMA
- Waktu : Kelas XI SMA
Ketika saya ditunjuk untuk menjadi ketua OSIS di SMA saya, maka saya diwajibkan berpidato guna mengajak teman-teman saya untuk memilih saya menjadi Ketua OSIS periode tersebut. Disinilah fungsi komunikasi instrumental terjadi yaitu dengan saya berpidato dan mengajak teman-teman saya untuk memilih saya. Selain itu, ketika saya berpidato saya juga menjelaskan program-program saya jikalau saya menjadi Krtua OSIS nantinya, nah disini fungsi komunikasi instrumental juga terlihat yaitu mengobral janji karena mungkin ada program-program yang saya paparkan belum pasti terlaksana.

0 Response to "CONTOH NYATA (PENGALAMAN) FUNGSI KOMUNIKASI SOSIAL"

Post a Comment