KERAGAMAN DAN KONTROVERSI DEFINISI KOMUNIKASI

RESUME BUKU ILMU KOMUNIKASI SUATU PENGGANTAR KERAGAMAN DAN KONTROVERSI DEFINISI KOMUNIKASI
Kesimpulan dari buku pengantar ilmu komunikasi karya Prof. Deddy Mulayana, M.A., Ph.D. dalam bab KERAGAMAN DAN KONTROVERSI DEFINISI KOMUNIKASI saat ini terdapat banyak definisi komunikasi yang dikemukakan oleh para ahli. Dari definisi-definisi tersebut saling bertentangan.  Hal itu terbukti dari data yang dikumpulkan Fank dance dan Carl Larson pada tahun 1976 telah mencapai angka 126 definisi. Dari definisi-definisi tersebut, Dance membagi menjadi tiga dimensi penting yang mendasari definisi-definisi tersebut, yaitu dimensi tingkat observasi (derajat keabstrakan), kesengajaan dan penilaian normatif.

Sedangkan menurut Littlejohn (1990),  ada beberapa kemungkinan untuk mendifinisikan komunikasi. yaitu ditentukan dari sumber dan persepsi penerima dengan kunci pertanyaan:
1. Apakah komunikasi harus disengaja?
2. Apakah komunikasi harus diterima?
Dari kerangka tersebut, Littlejohn membagi menjadi Sembilan jenis perilaku yang mungkin dianggap komunikasi. Dari sembilan jenis perilaku tersebut, menurut Littlejohn hanya ada tiga perilaku yang digolongkan sebagai komunikasi yaitu:
1. Komunikasi harus terbatas pada pesan yang secara sengaja diarahkan kepada orang lain dan diterima oleh mereka.
2. Komunikasi harus mencakup semua perilaku yang bermakna bagi penerima, apakah disengaja atau tidak.
3. Komunikasi harus mencakup pesan-pesan yang dikirimkan secara sengaja, namun sengaja ini sulit ditentukan.

Namun, semua pakar komunikasi sepakat bahwa komunikasi mencakup perilaku yang disengaja yang diterima dan mereka tidak sepakat perilaku lainnya yang dianggap sebagai komunikasi.

Sedangkan Tubbs dan Moss mendefinisikan komunikasi sebagai “proses penciptaan makna antara dua orang atau lebih. Definisi berbeda dikemukakan oleh Gudykunst dan Kim yang mendiskripsikan komunikasi (antar budaya) “proses  transaksional, simbolik yang melibatkan pemberian makna antara orang-orang.”

Meskipun komunikasi menyangkut perilaku manausia, ternyata tidak semua perilaku manusia merupakan komunikasi. Sebagai contoh bernyanyi sendiri dikamar mandi merupakan komunikasi. Jika menggunakan definisi Tubbs dan Moss dan definisi Pace dan Faules, tentu hal tersebut bukanlah komunikasi. Namun, jika kita menyebutnya sebagai komunikasi maka hal tersebut juga benar namun komunikasi tersebut termasuk komunikasi dengan diri sendiri atau komunikasi intra pribadi.

0 Response to "KERAGAMAN DAN KONTROVERSI DEFINISI KOMUNIKASI"

Post a Comment