(CONTOH) ANALISA MANAJEMEN KRISIS PERUSAHAAN

ANALISA MANAJEMEN KRISIS PERUSAHAAN
"MANAJEMEN KRISIS PADA PERUSAHAAN SARI ROTI"
1. Profil Perusahaan
Sari Roti merupakan sebuah merek roti ternama di Indonesia yang diproduksi oleh PT. Nippon Indosari Corpindo. Merek roti ini pertama kali ditampilkan pada tahun 1995. Saat ini PT. Nippon Indosari Corpindo telah memproduksi berbagai macam produk roti tawar dan roti manis dengan merek dagang Sari Roti dan Boti, serta memproduksi chiffon cake dengan merek dagang Sari Cake. Sari Roti memiliki visi yaitu senantiasa tumbuh dan mempertahankan posisi sebagai perusahaan roti terbesar di Indonesia melalui penetrasi pasar yang lebih luas dan dalam dengan menggunakan jaringan distribusi yang luas untuk menjangkau Konsumen di seluruh Indonesia. Dengan misinya adalah memproduksi dan mendistribusikan beragam produk yang halal, berkualitas tinggi, higienis dan terjangkau bagi seluruh Konsumen Indonesia.
PT. Nippon Indosari Corpindo memiliki 8 pabrik yang tersebar di daerah Bekasi (Jawa Barat), Pasuruan (Jawa Timur), Semarang (Jawa Tengah), Medan (Sumatera Utara), Palembang (Sumatera Selatan), Makassar (Sulawesi Selatan) yang juga memproduksi Sari Roti. Selain itu, Sari Roti juga memiliki berbagai penghargaan diantaranya Top Brand Award 2009,2010 , Top Brands for Kids Award 2009,2010 , Marketing Award 2010, Rekor Bisnis Indonesia 2011.

2. Artikel Dan Berita Kasus Perusahaan
Krisis manajemen yang terjadi pada Sari Roti terjadi pada saat adanya aksi 212 (2016), yaitu gerobak yang tertempel logo Sari Roti itu juga terdapat kertas yang ditempelkan bertuliskan "Gratis untuk Mujahid". Banyak netizen yang kagum dengan aksi pedagang tersebut. Namun sehari setelah Aksi 212, pihak Sari Roti langsung mengeluarkan pernyataan melalui laman web Sari Roti. Dalam pernyataan tersebut disebutkan bahwa aksi bagi-bagi roti gratis tersebut dilakukan tanpa sepengetahuan manajemen perusahaan. Pernyataan pihak Sari Roti inipun kembali viral. Banyak yang menyayangkan sikap Sari Roti tersebut.
Setelah Sari Roti tiba-tiba mengeluarkan klarifikasi yang dalam poin-poinnya ditangkap kesan bahwa Aksi 212 adalah hal negatif, maka dalam hitungan jam klarifikasi tersebut menjadi sasaran cemooh netizen dimedia sosial yaitu tagar #BoikotSariRoti. Dengan tagar tersebut, terjadi penumpukan stok Sari Roti yang dijajakan door to door dengan gerobak sepeda serta di etalase minimarket. Banyak netizen melaporkan hal yang sama disertai foto-foto berupa stok Sari Roti rak minimarket. Bahkan ada jaringan minimarket lokal yang memasang pengumuman tidak menjual produk Sari Roti. Saluran distribusi eceran ditutup. Hal tersebut membuat Sari Roti masuk ke gerbang krisis brand saat itu.

3. Analisa Manajemen Krisis
a. Analisa Kategori Krisis Berdasarkan Waktu
Claudia Rienhardt (1987) mengkategorikan krisis berdasarkan waktu yaitu :
1. Krisis bersifat segera (immediate crises)
Kategori krisis yang paling ditakuti karena terjadi begitu tiba-tiba, tidak terduga dan tidak diharapkan. Krisis ini membutuhkan konsensus terlebih dahulu pada level manjemen puncak untuk mempersiapkan rencana umum (general plan) mengenai bagaiman bereaksi jika terjadi krisis yang bersifat segera agar tidak menimbulkan kebingungan, konflik dan penundaan dalam menangani krisis yang muncul.

2. Krisis baru muncul (emerging cries)
Kategori krisis yang masih memungkinkan praktisi humas (PR) untuk melakukan penelitian dan perencanaan terlebih dahulu, namun krisis dapat meledak jika terlalu lama ditangani.

3. Krisis bertahan (sustained cries)
Kategori krisis yang akan tetap muncul selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun walaupun telah dilakukan upaya terbaik oleh pihak manajemen perusahaan atau organisasi untuk mengatasinya.
Analisa :  Pada kasus manajemen krisis Sari Roti termasuk kedalam kategori krisis yang bersifat segera, karena kasus tersebut tiba-tiba, tidak terduga dan tidak diharapkan. Boikot akan Sari Roti di media sosial seperti populernya tagar #BoikotSariRoti sebagai bentuk tanggapan atau kekecewaan netizen tersebut terjadi secara tiba-tiba dan tak terduga. Tak terduga oleh Sari Roti karena klarifikasi Sari Roti tersebut dengan harapan memperbaiki citra yang malah berbalik. Karena hal tersebutlah produk-produk Sari Roti menjadi kurang diminati saat itu sehingga menimbulkan krisis manajemen saat itu pula secara tiba-tiba.

b. Level Perkembangan Krisis
Menurut pendapat Steven Fink (1986) dapat dikategorikan kedalam empat level perkembangan, yakni:
1. Masa Prekrisis (Predromal Crisis Stage)
Suatu krisis yang besar biasanya telah didahului oleh suatu pertanda bahwa bakal ada krisis yang terjadi. Masa terjadinya atau munculnya pertanda ini disebut masa pre-krisis.
Analisa : Pada kasus manajemen krisis Sari Roti ini, tidak terjadi masa prekrisis (predomal) karena krisis tersebut terjadi secara tiba-tiba dan tanpa tanda-tanda.

2. Masa Krisis Akut (Acute Crisis Stage)
Bila pre-krisis tidak dideteksi dan tidak diambil tindakan yang sesuai maka masa yang paling ditakuti akan terjadi. Masa krisis akut ini jika dibandingkan dengan masa krisis kronis jauh lebih singkat. Tetapi masa akut adalah masa yang paling menegangkan dan paling melelahkan anggota tim yang menangani krisis.
Analisa : Pada kasus manajemen krisis Sari Roti ini, masa kritis akut terjadi setelah Sari Roti mengelurarkan pernyataan. Yaitu mulai dengan kemarahan atau ketidak terimaan sebagian masyarakat yang diungkapkan melalui media sosial, yaitu dengan populernya tagar #BoikotSariRoti. Hal tersebut yang merembet pada penjualan Sari Roti yaitu kurang lakunya Sari Roti seketika itu.

3. Masa Krisis Kronis (Chronic Crisis Stage).
Masa ini adalah masa pembersihan akibat dari krisis akut. Masa ini adalah masa ‘recovery’, masa mengintrospeksi kenapa krisis sampai terjadi. Masa ini bagi mereka yang gagal total menangani krisis adalah masa kegoncangan manajemen atau masa kebangkrutan perusahaan. Bagi mereka yang bisa menangani krisis dengan baik ini adalah masa yang menenangkan.Masa kronis berlangsung panjang, tergantung pada jenis krisis. Masa kronis adalah masa pengembalian kepercayaan publik terhadap perusahaan.
Analisa : Pada kasus manajemen krisis Sari Roti, masa kritis kronis dilalui Sari Roti dengan melakukan rebranding , yaitu dengan merubah kemasan produk. Masa ini dilakukan saat pers mulai letih untuk memberitakan kasus tersebut. dan langkah yang dipihak Sari Roti yaitu dengan bungkam dan tidak melakukan klarifikasi lagi, namun mereka me rebranding produk mereka.

4. Masa Resolusi Krisis (Crisis Resolution Stage).
Masa ini adalah masa perusahaan sehat kembali seperti keadaan sediakala. Pada fase ini perusahaan akan semakin sadar bahwa krisis dapat terjadi sewaktu-waktu dan lebih mempersiapkan diri untuk menghadapinya.
Analisa : Pada kasus manajemen krisis Sari Roti, masa resolusi krisis nya adalah Sari Roti mengadakan kegiatan sosial seperti penyuluhan gizi anak sekolah tentang sarapan sehat di berbagai kota dan pengobatan gratis dengan harapan mengembalikan kepercayaan masyarakat dan menabungnya guna menghadapi manajemen krisis yang akan terjadi mendatang.

2 Responses to "(CONTOH) ANALISA MANAJEMEN KRISIS PERUSAHAAN"

  1. Sangat membantu.. Terimakasih

    ReplyDelete
  2. Daftar Sabung Ayam Online Menggunakan Bank BPD

    Dapatkan Bonus Rp 5.000 yang dapat di klaim 2x/Hari. Bonus yang diberikan sebesar akan dibagikan di depan.

    Bonus wajib klaim melalui livechat / whatsapp resmi Bolavita.

    Dapatkan juga berbagai macam promo bonus yang ada di BOLAVITA !!

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623

    ReplyDelete